Esti, Wulandari (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII F DI SMP NEGERI 2 NGEMPLAK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. HALAMAN AWAL.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (972kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kemandirian dan motivasi belajar IPS siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Ngemplak Sleman. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui berapa besar peningkatan kemandirian dan motivasi belajar IPS siswa melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Ngemplak Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMPN 2 Ngemplak Sleman tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data dapat diketahui melalui triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif model Miles dan Huberman mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Upaya meningkatkan kemandirian dan motivasi belajar IPS siswa kelas VII F di SMP Negeri 2 Ngemplak Sleman dapat dilakukan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching disertai dengan pemberian lembar kerja siswa. Pembelajaran IPS dengan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan kemandirian dan motivasi belajar. Peningkatan kemandirian belajar dapat dibuktikan dengan hasil observasi pada siklus I rata-rata persentase indikator kemandirian belajar siswa adalah sebesar 64%. Pada siklus II menjadi 81% atau mengalami peningkatan sebesar 17%. Berdasarkan hasil angket yaitu kemandirian pra tindakan adalah sebesar 59%, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi sebesar 71% dan siklus II menjadi sebesar 83%.. Peningkatan motivasi belajar dapat dibuktikan dengan hasil observasi pada siklus I rata-rata persentase indikator motivasi belajar siswa adalah sebesar 61%. Pada siklus II menjadi 78% atau mengalami peningkatan sebesar 17%. Berdasarkan hasil angket yaitu kemandirian pra tindakan adalah sebesar 57%, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi sebesar 65% dan siklus II menjadi sebesar 81%. Berdasarkan hasil dokumentasi dan catatan lapangan juga terjadi peningkatan kemandirian dan motivasi belajar IPS. Kata kunci: kemandirian belajar, motivasi belajar, model pembelajaran reciprocal teaching, pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 29 Jun 2015 08:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 00:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21865 |
Actions (login required)
View Item |