PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN TEMA “PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM (SDA)” UNTUK SMP/MTs (Kelas VIII Semester 1)

Anggun, Astria (2014) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN TEMA “PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM (SDA)” UNTUK SMP/MTs (Kelas VIII Semester 1). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full pdf.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS dengan tema “Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA)” yang layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru IPS, dan siswa. Bahan ajar terpadu dalam IPS untuk siswa SMP/MTs yang terbatas menjadi salah satu alasan pembelajaran IPS di SMP/MTs masih dilakukan secara parsial. Penelitian pengembangan ini (Research and Development) mengacu pada model 4-D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga yaitu develop. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran IPS secara umum dinyatakan layak digunakan. Penilaian tersebut diperoleh dari: 1) ahli materi menyatakan bahwa modul pembelajaran IPS dengan tema “Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA)” layak digunakan dengan kategori penilaian “cukup” dengan skor 94 dan rata-rata skor setiap indikator 3,67, 2) ahli media menyatakan bahwa modul pembelajaran IPS dengan tema “Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA)” layak digunakan dengan kategori penilaian “cukup” dengan skor 52 dan rata-rata skor setiap indikator 2,96, 3) guru IPS menyatakan bahwa modul pembelajaran IPS dengan tema “Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA)” layak digunakan dengan kategori penilaian “baik” dengan skor 169 dan rata-rata skor setiap indikator 4,02, dan 4) siswa menyatakan bahwa modul pembelajaran IPS dengan tema “Pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA)” layak digunakan dengan kriteria penilaian “sangat baik” dengan skor 50,8 dan rata-rata skor setiap indikator 4,23. Kata kunci: Pengembangan, Modul, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21856

Actions (login required)

View Item View Item