PENERAPAN STRATEGI KREATIF PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MATERI KREATIVITAS DALAM TINDAKAN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VII C SMP N 11 YOGYAKARTA

Dewi, Endrawati (2014) PENERAPAN STRATEGI KREATIF PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MATERI KREATIVITAS DALAM TINDAKAN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VII C SMP N 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
COVER+DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V+DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mengetahui bagaimana upaya meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas VII C di SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan menerapkan strategi kreatif produktif dalam dan 2) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan strategi kreatif produktif di kelas VII C SMP Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VII C SMP N 11 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiga tahap dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi metode. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model Miles Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu rata-rata persentase keseluruhan indikator keaktifan dan kerjasama siswa mencapai 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan strategi kreatif produktif yang dilakukan melalui beberapa tahapan strategi kreatif produktif yaitu orientasi, eksplorasi, intrepretasi, rekreasi dan evaluasi. 2) Peningkatan aktivitas belajar siswa terlihat pada siklus I menunjukkan 72,05% dan siklus II mencapai 91,61% dengan gain percentage sebesar 0,7% (kategori tinggi). Keberhasilan tersebut terlihat pada peningkatan aktivitas belajar siswa pada aspek visual, oral, listening, writing ,motor, mental, dan emotional activities. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%. Kata kunci: aktivitas belajar, strategi kreatif produktif, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21846

Actions (login required)

View Item View Item