PELAYANAN KELOMPOK RENTAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN REKSO DYAH UTAMI

Aida, Septiana (2013) PELAYANAN KELOMPOK RENTAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN REKSO DYAH UTAMI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V -- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkasan.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelayanan P2TPA Rekso Dyah Utami dan mengetahui bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan P2TPA Rekso Dyah Utami terhadap kelompok rentan KDRT. Desain penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Informan penelitian adalah petugas dan para konselor di P2TPA Rekso Dyah Utami, pihak korban atau klien P2TPA Rekso Dyah Utami, serta mitra kerja LSM Rifka Annisa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelit ian adalah penelit i sendiri. Validasi instrumen tercermin dari berbagai tindakan yang dilakukan peneliti untuk mempersiapkan diri terjun ke lapangan. Langkah-langkah yang dipersiapkan diantaranya melakukan perencanaan penelitian, menentukan metode penelitian, kemudian pelaksanaan pengumpulan data di lapangan. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Adapun teknis analisis data yang digunakan melalui empat tahap yakni pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. P2TPA Rekso Dyah Utami memberikan pelayanan terhadap kelompok rentan KDRT karena kelompok rentan khususnya perempuan korban KDRT belum mendapatkan pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan. Pelayanan P2TPA Rekso Dyah Utami terhadap kelompok rentan KDRT meliputi pelayanan pengaduan atau laporan, pelayanan kesehatan, pelayanan rehabilitasi sosial, pelayanan bantuan hukum, serta pelayanan pemulangan dan reintegrasi sosial. Pelayanan kelompok rentan KDRT ini bersifat tertutup dan berbeda dengan pelayanan publik pada umumnya, sebab pelayanan terhadap korban KDRT merupakan hal yang privasi dan tidak untuk dipublikasikan. Di dalam memberikan pelayanan, P2TPA Rekso Dyah Utami juga mengalami beberapa hambatan, diantaranya keterbatasan SDM, keterbatasan waktu, keterbatasan ruang, keterbatasan ruang perpustakaan, serta tidak adanya perkumpulan para korban pasca penanganan. Namun ada pula faktor pendukung dalam pelayanan yaitu penanganan yang komprehensif dan pembiayaan yang cukup memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21695

Actions (login required)

View Item View Item