PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS I SMAN 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013

Septiaji Aji, Nugroho (2013) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS I SMAN 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1.HAL DEPAN.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V +DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.RINGKASAN SKRIPSI ADJIE.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Pendidikan memainkan peranan yang penting di dalam kehidupan dan kemajuan umat manusia. Maka, perlu dilakukan perbaikan proses pembelajaran yang mampu meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui realitas pembelajaran sejarah di SMAN 2 Wonosari, (2) mengetahui penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa, dan (3) mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran sejarah melalui metode Mind Mapping di kelas XI IPS I SMAN 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan ini terjadi dalam tiga siklus yang pada tiap siklusnya terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi metode, sedangkan analisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran sejarah di SMAN 2 Wonosari kelas XI IPS I selama ini masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Guru menjelaskan materi-materi sejarah dengan metode tersebut. Kemudian pada akhir pertemuan siswa diberi soal tanya jawab yang bertujuan untuk mengetahui seberapa paham siswa dengan materi pelajaran yang baru disampaikan. (2) Pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping pada pelaksanaan siklus I peneliti hanya menggunakan metode Mind Mapping saja, lalu pada silklus II untuk lebih meningkatkan minat belajar dan kreativitas metode Mind Mapping dipadukan dengan Hand Out, kemudian pada siklus III untuk mencapai indikator keberhasilan maka metode Mind Mapping dipadukan dengan Hand Out serta Power Point. Pada siklus I rata-rata minat belajar siswa adalah 68,03, sedangkan rata-rata kreativitas siswa adalah 70,90. Pada siklus II rata-rata minat belajar siswa meningkat menjadi 75,06, sedangkan rata-rata kreativitas siswa meningkat menjadi 75,03. Pada siklus III rata-rata minat belajar siswa meningkat menjadi 77,29, sedangkan rata-rata kreativitas siswa meningkat menjadi 77,32. Berdasarkan hasil observasi kreativitas menunjukkan bahwa kreativitas siswa meningkat, hal ini dilihat dengan tercapainya indikator-indikator pada akhir siklus. (3) Kelebihan dalam penerapan metode Mind Mapping yaitu dapat meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah, siswa menjadi bersemangat dalam belajar, dan lebih bisa menerima pendapat orang lain melalui diskusi. Kekurangannya yaitu siswa mengalami kebingungan mengenai langkah-langkah metode Mind Mapping, siswa kurang percaya diri dalam mempresentasikan hasil kelompoknya, dan beberapa siswa tidak memperhatikan hasil presentasi kelompok yang maju. Kata kunci: minat belajar, kreativitas, dan Metode Mind Mapping.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 28 Jun 2015 21:33
Last Modified: 30 Jan 2019 00:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21612

Actions (login required)

View Item View Item