EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 WATES

Ana Sri, Lestari (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 WATES. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan sikap percaya diri peserta didik kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Wates (2) efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Wates. (3) perbedaan sikap percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Wates dan (4) perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMA N 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan menurut metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA N 2 Wates. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan Paired T-Test dan Independent sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan sikap percaya diri peserta didik sebesar 17.05%. (2) Strategi pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik sebesar 98.41% (3) sikap percaya diri peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. (4) prestasi belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 00:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21496

Actions (login required)

View Item View Item