Widowati, Kusuma Wardhani (2014) PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
cover dan hal persetujuan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran sejarah sejauh ini masih dilakukan secara konvensional, lebih banyak menggunakan metode ceramah, akibatnya prestasi belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar sejarah melalui penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Piyungan, kendala serta kelebihan yang dihadapi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terjadi 3 siklus. Setiap siklusnya mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber data dan metode.Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantatif. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition yang diawali dengan membentuk siswa menjadi 4-6 kelompok, memberikan wacana/kliping berdasarkan topik pembelajaran, siswa bekerjasama saling menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap tanggapan terhadap wacana/kliping dan dituliskan dalam selembar kertas, kemudian mempersentasikan/membacakan hasil kelompok, guru membuat kesimpulan, penutup, penambahan perlakuan dengan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya sebelum pembelajaran dilaksanakan, disamping itu dikolaborasikan dengan pencarian refrensi diskusi dari buku dan internet, penggunaan media gambar, hand out, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I rata-rata nilai prestasi belajar siswa meningkat dari 56,53 menjadi 75,76. Pada siklus II meningkat dari 58,51 menjadi79,2. Pada siklus III meningkat dari 68,46 menjadi 85. Kelebihan penerapan metode ini siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Kendala yang dihadapi yaitu suasana kelas yang kurang kondusif. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode CIRC, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 24 Jun 2015 21:11 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |