EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SISTEM MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Suranto, Suranto (2015) EFEKTIVITAS MODEL INQUIRY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SISTEM MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
suranto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Inquiry Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar Sistem Mikrokontroler di SMK Negeri 3 Wonosari. Hasil belajar tersebut meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitiannya adalah 58 siswa SMK Negeri 3 Wonosari kelas XI EI 1 dan XI EI 2 Program Keahlian Teknik Elektronika Industri. Penentuan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan secara random. Hasilnya adalah kelas XI EI 1 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model Teacher Centered Learning, dan kelas XI EI 2 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Inquiry Based Learning. Efektivitas model Inquiry Based Learning dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar antara kelas kontrol dengan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan lembar observasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji t. Hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai signifikansi kurang dari 5%. Hal ini didukung dengan hasil nilai thitung pada aspek kognitif sebesar 15,325, aspek afektif sebesar 3,652, aspek psikomotorik sebesar 12,535, sedangkan nilai ttabel sebesar 2,003 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan deskripsi data dan uji t, dapat disimpulkan bahwa model Inquiry Based Learning efektif meningkatkan hasil belajar pelajaran Sistem Mikrokontroler di SMK Negeri 3 Wonosari. Kata kunci: Inquiry Based Learning, hasil belajar, pembelajaran Sistem Mikrokontroler.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 23 Jun 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 23:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21215

Actions (login required)

View Item View Item