KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WINBREADBOARD DALAM PEMBELAJARAN PENERAPAN PRINSIP KOMPONEN ELEKTRONIKA DIGITAL DI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 KLATEN

Restiana, Setyowati (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WINBREADBOARD DALAM PEMBELAJARAN PENERAPAN PRINSIP KOMPONEN ELEKTRONIKA DIGITAL DI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
restiana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) mengukur keefektifan model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek kognitif dibandingkan dengan metode konvensial pada aspek yang sama, (2) mengukur keefektifan model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek afektif dibandingkan dengan metode konvensial pada aspek yang sama, (3) mengukur keefektifan model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek psikomotorik dibandingkan dengan metode konvensial pada aspek yang sama.Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Experiment dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Klaten sebanyak 68 siswa. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design. Subyek penelitian terbagi menjadi 2 kelas yaitu X TITL A kelas eksperimen dan X TITL B sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi, uji prasyarat dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan : (1) model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek kognitif memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata gain 0,72 berbanding 0,55 , (2) model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek afektif memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkaan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata skor 68,75 berbanding 41,12, (3) model Problem Based Learning berbantuan WinBreadBoard pada aspek psikomotorik memiliki perbedaan hasil yang signifikan dibandingkaan dengan metode konvensional pada aspek yang sama dengan rerata skor 77,61 berbanding 70,63. Kata kunci : afektif, kognitif, psikomotorik, Problem Based Learning, WinBreadBoard

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 22 Jun 2015 08:00
Last Modified: 29 Jan 2019 23:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21139

Actions (login required)

View Item View Item