Muhtar, Lutfi Anshori (2015) PENGEMBANGAN PROTOTYPE WATER LEVEL CONTROL AND MONITORING SYSTEM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT PENGOPERASIAN SCADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Muhtar Lutfi Anshori - 10518241004.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN PROTOTYPE WATER LEVEL CONTROL AND MONITORING SYSTEM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT PENGOPERASIAN SCADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMASI INDUSTRI SMK NEGERI 2 DEPOK Oleh: Muhtar Lutfi Anshori NIM. 10518241004 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Membuat rancang bangun media pembelajaran prototype water level control and monitoring system yang sesuai dengan Kurikulum di SMK Negeri 2 Depok, (2) Mengetahui unjuk kerja prototype water level control and monitoring system, (3) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran prototype water level control and monitoring system pada mata diklat pengoperasian SCADA Teknik Otomasi Industri di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Pengembangan prototype water level control and monitoring system sebagai media pembelajaran dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Borg&Gall yang telah diringkas oleh Anik Ghufron. Model pengembangan tersebut memiliki empat tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan, uji coba lapangan dan diseminasi. Instrumen penilaian Media prototype dan jobsheet berupa angket skala likert. Penilaian Media prototype dan jobsheet dilakukan oleh 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 Guru, dan 19 siswa kelas XI Teknik Otomasi Industri SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Hasil penilaian dikonversikan dengan klasifikasi kriteria untuk menentukan kelayakan prototype water level control and monitoring system Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Diklat Pengoperasian SCADA. Produk penelitian pengembangan ini berupa prototype water level control and monitoring system dan jobsheet di SMK Negeri 2 Depok pada standar kompetensi mengoperasikan SCADA melalui tahapan studi pendahuluan, pengembangan, uji coba lapangan dan diseminasi. Hasil tahap studi pendahuluan adalah analisis proses pembelajaran, analisis penggunaan media di kelas, dan analisis silabus. Hasil tahap pengembangan adalah prototype water level control and monitoring system beserta jobsheet dan validasi oleh ahli materi, media, dan guru. Hasil tahap uji coba lapangan adalah hasil uji coba kelayakan media prototype water level control and monitoring system untuk proses pembelajaran. Hasil tahap diseminasi adalah prototype dan jobsheet digunakan secara terbatas di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan prototype water level control and monitoring system dan jobsheet di SMK Negeri 2 Depok Sleman dari : (1) penilaian ahli media dinyatakan sangat layak dengan persentase 83,5%, (2) penilaian ahli materi dinyatakan sangat layak dengan persentase 86,75%, (3) penilaian guru dinyatakan layak dengan persentase 77,25%, (4) penilaian siswa pada uji lapangan awal dinyatakan layak dengan persentase 78,5%, (5) penilaian siswa pada uji lapangan utama dinyatakan layak dengan persentase 79%. Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, SCADA, water level control
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 03:02 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20819 |
Actions (login required)
View Item |