Pengembangan Model- M odel Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas PAUD

Yoyon, Suryono and Suparno, Suparno and Rita Eka, Izzaly (2014) Pengembangan Model- M odel Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas PAUD. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN FINAL PENELITIAN HIBAH PASCA_Tahun ke 2.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Model- M odel Pembelajaran untuk Peningkatan Kualitas PAUD ABSTRAK Pendidikan merupakan upaya yang di lakukan manusia untuk mencapai taraf pengembangan diri yang lebih baik. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah melalui pendidikan, baik formal, non formal, maupun informal. Salah satu bidang kajian dalam pendidikan nonformal informal adalah pendidikan anak usia dini. Paud sedang menjadi fokus perhatian pemerint ah mengingat strategisnya peran dan fungsi PAUD dalam rentang kehidupan manusia sehingga disebuat sebagai masa keemasan ( golden age) . Salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini adalah melalui pengembangan alternatif model pembelajaran. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka penelitian tahun kedua ini fokus pada implementasi model pembelajaran yang menggunakan metode yang beragam dalam pembelajaran . Harapannya, dengan menggunakan berbagai metode tersebut dalam proses pembelajaran anak usia dini dapat membuat anak lebih menikmati proses pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna ( joyfull learning) dan menyenangkan anak ( fun learning). Pada akhirnya lembaga PAUD tersebut dapat menjadi lembaga yang berkualitas baik yang memb antu dan mengembangkan potensi anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal . Untuk mengimplementasikan berbagai metode yang merujuk pada model pembelajaran, maka penelitian ini fokus pada implementasi berbagai metode yang merujuk pada konsep teore tik dari model pembelajaran yang telah ada. Ketiga studi yang dilakukan terkait penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Studi pertama menerapkan model atraktif dari Pestalozzi dengan model beyond center and circle time dengan metode yang digunakan adalah permainan sandiwara, sementara studi kedua menggunakan metode dengan metode pembelajaran yang berbasis sains yang juga merujuk pada model atraktif, dan studi ketiga menggunakan metode bermain peran yang merujuk pada model pembelajaran Froebel.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Program Pascasarjana UNY
Subjects: Pasca Sarjana
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 13 Jun 2015 02:52
Last Modified: 16 Jun 2015 06:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20505

Actions (login required)

View Item View Item