PENGEMBANGAN MODEL MODIFIKASI PERILAKU TERINTEGRASI PROGRAM PEMBELAJARAN UNTUK ANAK DENGAN MASALAH PERILAKU DI SLB E

Edi, Purwanto and Aini, Mahabbati and Pujaningsih, Pujaningsih (2014) PENGEMBANGAN MODEL MODIFIKASI PERILAKU TERINTEGRASI PROGRAM PEMBELAJARAN UNTUK ANAK DENGAN MASALAH PERILAKU DI SLB E. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN UNGGULAN UNY an Edi Purwanto 2014.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Keberadaan anak dengan perilaku bermasalah sering ditemukan di Sekolah Luar Biasa (SLB). Pada kenyataannya perilaku bermasalah yang mereka lakukan sangat mengganggu aspek personal, sosial, dan akademik. Di lain pihak, kasus yang ditemukan adalah guru di sekolah menyatakan kesulitan dalam mengelola perilaku bermasalah pada mereka. Sekolah juga belum memiliki program yang tersistem untuk mengelola perilaku bermasalah yang sering muncul saat pembelajaran. Hasil penelitian tahun pertama telah tersusun model modifikasi perilaku terintegrasi dengan program pembelajaran. Pada tahun kedua ini akan (1) menguji keterlaksanaan model modifikasi perilaku terintegrasi dengan pembelajaran , (2) mengetahui efektivitas model sebagai upaya untuk menrurangi perilaku escape yang yang terjadi pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dari Borg dan Gall (2003), dengan tiga tahapan utama, yakni studi pendahuluan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun penelitian tahap kedua meliputi pengembangan dan implementasi terdiri dari uji keterbacaan oleh ahli dan penggunaa sebagai bentuk validaso model dan uji lapangan oleh pengguna yang menghasilkan nilai efektivitas model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pandukung penerapan perilaku terintegrasi pembelajaran dalam penelitian ini dapat diterapkan oleh guru-guru terutama membantu untuk mengetahui secara spesifik motif dari munculnya masalah perilaku. Efektivitas dari buku panduan dapat diketahui dari penerapan intervensi pada 1 subyek dalam penelitian ini. Sementara untuk 2 subyek lainnya belum terlihat karena ketidakhadiran pemicu masalah perilaku dan ketidakhadiran subyek di kelas. Meskipun demikian, masalah perilaku agresif tetap dijumpai terutama pada waktu yang tidak terstruktur (jam istirahat)

Item Type: Experiment/Research
Uncontrolled Keywords: anak dengan masalah perilaku, model modifikasi perilaku terintegrasi pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
LPPM
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 12 Jun 2015 06:27
Last Modified: 12 Jun 2015 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20491

Actions (login required)

View Item View Item