EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM S1 PGSD DI UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH UT DIY

Lastuti, Sri and Jaedun, Amat (2014) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM S1 PGSD DI UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH UT DIY. Jurnal Kependidikan, 43 (1). pp. 39-50. ISSN 0125-992X

[img] Text (Article)
2190
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan program S1 PGSD di UPBJJ UT DIY berdasarkan terpenuhi tidaknya kebutuhan guru serta input yang meliputi latar belakang pendidikan mahasiswa, kualifikasi pendidikan tutor, ketersediaan sarana dan prasarana, keterpenuhan process, pelaksanaan tutorial, penilaian tutorial, keterpenuhan product, masa studi mahasiswa, dan keterpenuhan outcome. Sampel penelitian mahasiswa yang masih aktif mengikuti tutorial sejumlah 160, 25 orang tutor, 63 kepala sekolah, dan 181 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan guru SD di DIY belum terpenuhi. Latar belakang pendidikan mahasiswa sebagian besar berasal dari SLTA/SMA. Kualifikasi pendidikan tutor, perencanaan tutorial, dan evaluasi pelaksanaan tutorial termasuk dalam kriteria baik, sedangkan ketersediaan sarana dan prasarana serta pelaksanaan tutorial termasuk dalam kriteria cukup (belum memadai). IPK dan masa studi mahasiswa dalam kriteria memuaskan dan pendek. Persepsi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebelum dan setelah lulus dari S1 PGSD UT DIY secara umum mengalami peningkatan

Item Type: Article
Additional Information: STKIP Tamansiswa Bima NTB
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, pelaksanaan tutorial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 12 Jun 2015 05:27
Last Modified: 12 Jun 2015 05:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20455

Actions (login required)

View Item View Item