Efektivitas Metode Role Playing dan Ceramah terhadap Prestasi belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pleret Bantul

Nugraheni, Annisa (2014) Efektivitas Metode Role Playing dan Ceramah terhadap Prestasi belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pleret Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan (10405241034).pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (10405241034).pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 (10405241034).pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 (10405241034).pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3 (10405241034).pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4 (10405241034).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 (10405241034).pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran (10405241034).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar antara metode Role Playing dengan ceramah dalam pembelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pleret. (2) Efektivitas Metode pembelajaran Role Playing dengan ceramah terhadap prestasi belajar geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pleret. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control group design. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu Metode pembelajaran Role Playing dan metode ceramah, serta variabel terikat yaitu prestasi belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pleret yang berjumlah 83 siswa. Sampel penelitian diambil secara purposive yaitu masing-masing 24 siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 3. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Data penelitian diolah dengan bantuan program SPSS 11,5 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar geografi menggunakan metode pembelajaran Role playing dengan prestasi belajar geografi dengan metode ceramah. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai post test yang kemudian dilakukan pengujian hipotesis berupa perhitungan uji-t dengan hasil p sebesar 0,00 yaitu lebih kecil dari 0,05. (2) Efektivitas Metode pembelajaran Role Playing lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah terhadap prestasi belajar geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pleret. Hal ini dibuktikan dengan nilai post test rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 80,96, sedangkan rata-rata nilai post test kelas kontrol yaitu 73,50. Peningkatan prestasi belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil perhitungan gain score pada kelas eksperimen yaitu 0,56 dan gain score kelas kontrol yaitu 0,39. Kata kunci: prestasi belajar, role playing, ceramah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 20 May 2015 03:05
Last Modified: 29 Jan 2019 22:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item