PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN DI DESA PANGGELDLANGU, BUTUH, PURWOREJO

Devi, Ariyanti (2013) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN DI DESA PANGGELDLANGU, BUTUH, PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MD) merupakan program pemerintah untuk penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam implementasi PNPM-MD di Desa Panggeldlangu, Butuh, Purworejo tahun 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2013–Februari 2013 di Desa Panggeldlangu, Butuh, Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subyek penelitian yaitu Kepala Desa, Tim Pengelola PNPM-MD dan masyarakat Desa Panggeldlangu. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu (1)Pelaksanaan PNPM-MD tahun 2012 terdiri dari pembuatan rabat beton jalan dan kegiatan POSYANDU sehingga terdapat perpaduan peran antara Dinas Pekerjaan Umum bertugas untuk penanggung jawab pengelolaan PNPM-MD tingkat nasional dan Dinas Kesehatan untuk memonitoring kegiatan POSYANDU. Kedua Dinas ini dikoordinasikan berdasarkan perannya masing masing agar tidak terjadi benturan dalam pelaksanaan tugas.(2)Partisipasi masyarakat sudah baik dan telah menerapkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan PNPMMD.(3)Bentuk partisipasi masyarakat berupa tenaga, konsumsi dan pikiran.(4) Kendala dalam pembuatan rabat beton jalan yaitu keterlambatan datangnya bahan material akibat letak desa terpencil sehingga sulit dijangkau, sedangkan kegiatan POSYANDU yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti kegiatan dan menjadi kader POSYANDU. Keyword : Partisipasi Masyarakat, PNPM-MD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18705

Actions (login required)

View Item View Item