HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DAN PENGALAMAN PPL DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN IPS ANGKATAN 2010 FIS UNY

NINGSIH, WIDYA ASTUTI (2014) HUBUNGAN MINAT MENJADI GURU DAN PENGALAMAN PPL DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PENDIDIKAN IPS ANGKATAN 2010 FIS UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN_09416244021.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. abstrak 09416244021.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I_09416244021.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II_09416244021.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III_09416244021.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB IV_09416244021.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB V_09416244021.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN_09416244021.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara Minat Menjadi Guru dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angakatan 2010 FIS UNY. (2) Hubungan antara Pengalaman PPL dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY. (3) Hubungan antara Minat Menjadi Guru dan Pengalaman PPL secara bersama-sama dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 yang berjumlah 84 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan rumus regresi ganda dan keberartian regresi ganda dengan uji F. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru (X1) dengan Kesiapan Menjadi Guru (Y) Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,407 lebih besar dari r tabel 0,213, N= 84. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pengalaman PPL (X2) dengan Kesiapan Menjadi Guru (Y) Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,336 lebih besar dari r tabel 0,213, N= 84. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru (X1) dan Pengalaman PPL (X2) secara bersama-sama dengan Kesiapan Menjadi Guru (Y) Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,472, koefisien determinasi 0,223 dan nilai F hitung sebesar 11,594. Dengan dimikian, minat mempunyai peranan yang lebih tinggi di banding pengalaman PPL kaitanya dengan hubungan terhadap kesiapan menjadi guru Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Pengalaman PPL, dan Kesiapan Menjadi Guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 13 May 2015 03:03
Last Modified: 13 May 2015 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18571

Actions (login required)

View Item View Item