PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN IPS SMP SE KECAMATAN KALASAN

Wardani, Dyah Kusuma (2014) PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN IPS SMP SE KECAMATAN KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
halaman depan 10416244008.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak 10416244008.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 10416244008.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 10416244008.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 1041624408.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 10416244008.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 10416244008.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Persepsi siswa dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal (sikap, minat, motivasi intrinsik, perhatian, pengalaman) dan faktor eksternal (objek persepsi, motivasi ekstrinsik, lingkungan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman persepsi siswa terhadap kompetensi guru mata pelajaran IPS SMP se Kecamatan Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Variabel penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap kompetensi guru mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP se Kecamatan Kalasan yang berjumlah 2843 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian dengan kuota porposional random sampling sebanyak 300 orang siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persepsi siswa terhadap kompetensi guru mata pelajaran IPS SMP se Kecamatan Kalasan dalam kategori baik sebesar 36,12%, kategori cukup sebesar 31,10%, kemudian pada kategori sangat baik sebesar 27,76%, dan pada kategori kurang sebesar 5,35%. Dengan indikator demikian dapat diartikan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi guru mata pelajaran IPS SMP se Kecamatan Kalasan masuk dalam kategori baik. Kata kunci: persepsi siswa, kompetensi guru, mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 13 May 2015 01:23
Last Modified: 29 Jan 2019 22:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18556

Actions (login required)

View Item View Item