Agus, Farmawanto (2013) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 2 PATUK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS. (2) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar IPS. (3) Pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru secara bersama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Patuk tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto jenis causal comparative dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP N 2 Patuk sebanyak 92 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan (rx 1 y) sebesar 0,322 dan r hitung > r tabel (0,322 > 0,207). (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan (rx2 y) sebesar 0,341 dan r hitung > r tabel (0,341 > 0,207).(3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru secara bersama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Patuk tahun ajaran 2012/2013, hasil Ry 0,413 dan F hitung >F (9,169 > 3,11). Sumbangan Relatif variabel kemandirian belajar sebesar 37,3% dan variabel persepsi siswa tentang kompetensi guru sebesar 62,7%. Sumbangan Efektif kedua variabel sebesar 17,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. tabel Kata kunci: Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru, Prestasi Belajar IPS. (1,2)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 13 May 2015 00:24 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18539 |
Actions (login required)
View Item |