PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 2 PATUK TAHUN AJARAN 2012/2013

Agus, Farmawanto (2013) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 2 PATUK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS. (2) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar IPS. (3) Pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru secara bersama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Patuk tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto jenis causal comparative dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP N 2 Patuk sebanyak 92 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan (rx 1 y) sebesar 0,322 dan r hitung > r tabel (0,322 > 0,207). (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dengan (rx2 y) sebesar 0,341 dan r hitung > r tabel (0,341 > 0,207).(3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru secara bersama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Patuk tahun ajaran 2012/2013, hasil Ry 0,413 dan F hitung >F (9,169 > 3,11). Sumbangan Relatif variabel kemandirian belajar sebesar 37,3% dan variabel persepsi siswa tentang kompetensi guru sebesar 62,7%. Sumbangan Efektif kedua variabel sebesar 17,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. tabel Kata kunci: Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru, Prestasi Belajar IPS. (1,2)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 13 May 2015 00:24
Last Modified: 13 May 2015 00:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18539

Actions (login required)

View Item View Item