PENDETEKSIAN BIAS TES DAN BUTIR PERANGKAT SOAL MATEMATIKA UJIAN NASIONAL SLTP BERDASARKAN TEORI RESPONSBUTIR

Heri Retnawati, Dr. (2006) PENDETEKSIAN BIAS TES DAN BUTIR PERANGKAT SOAL MATEMATIKA UJIAN NASIONAL SLTP BERDASARKAN TEORI RESPONSBUTIR. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Heri_Retnawati.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik perangkat soal ditinjau dari bias tes (keberfungsian tes diferensial) dan bias butir (keberfungsian butir diferensial) berdasarkan teori respons butir pada perangkat soal matematika Ujian Nasional SLTP DI Yogyakarta. Objek dari penelitian ini adalah tes ujian akhir nasional mata pelajaran matematika dan respons siswa peserta Ujian Nasional SLTP pada mata pelajaran matematika di provinsi DI Yogykarta tahun 2004/2005. Metode yang digunakan untuk mengetahui keberfungsian butir diferensial adalah uji perbandingan likelihood yang dilakukan dengan bantuan program BILOG 3.07. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan teori tes klasik, secara keseluruhan 30 butir soal berkualitas baik. Dengan menggunakan teori responsbutir, hasil analisis menunjukkan bahwa pada perangkat soal terdapat 9 butir soal dengan kualitas tidak baik, 20 butir soal dengan kualitas baik, dan 1 butir soal dengan kualitas cukup baik. Besarnya fungsi informasi tes adalah 9,469356 yang dicapai pada kemampuan siswa 0.35 dengan kesalahan pengukuran sebesar 0,324967. Perangkat soal Matematika Ujian Nasional SLTP di Provinsi DIY tahun pelajaran 2004/2005 ini memuat bias tes (DTF) uniform yang sedikit menguntungkan siswa perempuan. Berdasarkan hasil analisis pendeteksian DIF menggunakan uji perbandingan kemungkinan pada teori respons butir menunjukkan bahwa pada perangkat soal Matematika Ujian Nasional SLTP di Provinsi DIY tahun pelajaran 2004/2005 terdapat 6 butir soal yang terdeteksi memuat DIF berdasarkan perbedaan gender yaitu butir soal nomor 2, 8, 11, 15, 18, dan 25. FMIPA, 2006 (PEND. MATEMATIKA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
LPPM
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Date Deposited: 06 Jul 2012 06:26
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item