Astuti, Winda Sri (2013) PERBEDAAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 SRANDAKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. Halaman Depan 09.12.039 Win p.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak 09.12.039 Win p.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I 09.12.039 Win p.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II 09.12.039 Win p.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III 09.12.039 Win p.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV 09.12.039 Win p.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V 09.12.039 Win p.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS kurang bervariasi. Guru sering menggunakan metode ceramah dan diskusi. Dengan metode tersebut, sebagian besar siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS. Metode lain yang dapat digunakan yaitu metode Everyone is Teacher Here. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode Everyone is Teacher Here dan metode ceramah dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Srandakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi-experimental. Jenis desain penelitian berupa nonrandomized pretest-posttest control group design dengan menggunakan satu macam perlakuan. Variabel dalam penelitian ini yaitu metode Everyone is Teacher Here dan metode ceramah sebagai variabel bebas dan aktivitas siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 2 Srandakan. Terdapat dua sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VIII B dan kelas VIII C. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan tes. Instrumen tes dan non tes divalidasi dengan menggunakan validasi isi atas pertimbangan ahli. Uji reliabilitas instrumen lembar observasi menggunakan rumus yang dikemukakan oleh H.J. X. Fernandes, sedangkan instrumen angket dan tes menggunakan rumus K-R 20. Analisis data dalam penelitian eksperimen ini menggunakan analisis statistik independent-sample t-test terhadap gain score (selisih antara pretest dan posttest) dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Everyone is Teacher Here dan metode ceramah dalam meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Srandakan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (6,296 > 1,671) dan p < 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Metode Everyone is Teacher Here, Aktivitas Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 05 May 2015 06:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18185 |
Actions (login required)
View Item |