PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 3 SEWON

Hanum, Latifah (2013) PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEBAK KATA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 3 SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN 08.12.026 Lat b.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 08.12.026 Lat b.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 08.12.026 Lat b.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 08.12.026 Lat b.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 08.12.026 Lat b.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 08.12.026 Lat b.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 08.12.026 Lat b.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Motivasi dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A di SMP N 3 Sewon cenderung masih rendah. Hal tersebut disebabkan pembelajaran IPS monoton dan kurang adanya variasi. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran Tebak Kata pada mata pelajaran IPS di SMP N 3 Sewon karena motivasi dan aktivitas belajar siswa di kelas VIII A SMP N 3 Sewon masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 3 Sewon. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data angket. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil observasi, angket, dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila tingkat motivasi dan aktivitas belajar siswa mencapai 75% dan apabila 75% dari siswa kelas VIII A memiliki nilai minimal 70 (KKM) pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap siklus. Siklus I motivasi belajar siswa adalah 69%. Pada siklus II meningkat sebesar 3 % menjadi 72%, dan pada siklus III meningkat sebesar 5% sehingga menjadi 77%. Hal ini berarti motivasi belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%; 2) Penerapan metode pembelajaran Tebak Kata dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap siklus. Siklus I aktivitas belajar siswa adalah 67%, siklus II mengalami peningkatan sebesar 4% menjadi 71%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 6% menjadi 77%. Hal tersebut berarti menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Metode Pembelajaran Tebak Kata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 05 May 2015 06:00
Last Modified: 29 Jan 2019 22:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18172

Actions (login required)

View Item View Item