BASYARI, ASYHAR (2013) HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN KESADARAN SEJARAH SISWA MAN YOGYAKARTA III. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. COVER DAN PRA BAB 09.07.030 Asy h2.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK 09.07.030 Asy h.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I 09.07.030 Asy h.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II 09.07.030 Asy h.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III 09.07.030 Asy h.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV 09.07.030 Asy h.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV 09.07.030 Asy h.pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V 09.07.030 Asy h.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA 09.07.030 Asy h.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN 09.07.030 Asy h2.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan pembuatan skripsi ini adalah (1) mengetahui hubungan antara minat belajar dengan kesadaran sejarah siswa kelas XI MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2012/2013. (2) untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar mata pelajaran sejarah dengan kesadaran sejarah. (3) untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan prestasi belajar dengan kesadaran sejarah siswa kelas XI MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 119 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel Minat Belajar (X1), Prestasi Belajar (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Kesadaran Sejarah (Y) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan kesadaran sejarah, dimana rhitung sebesar 0,348, sedangkan rtabel dengan N=119 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,176, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,348 > 0,176). (2) terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara prestasi belajar dengan kesadaran sejarah, dimana rhitung sebesar 0,092, sedangkan rtabel dengan N=119 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,176, jadi rhitung lebih kecil dari rtabel (0,092 < 0,176). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan prestasi belajar dengan kesadaran sejarah, dimana Fhitung sebesar 8,307, sedangkan Ftabel dengan N=119 pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,07, jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel (8,307 < 3,07). Kata Kunci : Minat, Prestasi, Kesadaran Sejarah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 05 May 2015 05:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18168 |
Actions (login required)
View Item |