STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA MIE GANYONG DI DESA MAJASARI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH

Fujiniah, . (2013) STRATEGI PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA MIE GANYONG DI DESA MAJASARI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 07.06.048 Fuj s.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 07.06.048 Fuj s.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 07.06.048 Fuj s.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 07.06.048 Fuj s.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 07.06.048 Fuj s.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 07.06.048 Fuj s.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 07.06.048 Fuj s.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan faktor-faktor produksi yang terkait dalam industri rumah tangga mie ganyong; (2) mengetahui hambatan yang dihadapi pengusaha dalam industri rumah tangga mie ganyong; (3) mengetahui strategi pemasaran dalam pengembangan industri rumah tangga mie ganyong di Desa Majasari Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif. Responden penelitian ini adalah pengusaha industri rumah tangga mie ganyong. Populasi penelitian berjumlah 21 pengusaha. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik pengolahan data meliputi editing, koding dan tabulasi. Analisis data menggunakan analisis tabel frekuensi dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor produksi yang terkait dalam industri rumah tangga mie ganyong di daerah penelitian meliputi modal, bahan baku, tenaga kerja, pemasaran, transportasi, teknologi dan sumber energi, (2) Hambatan yang dihadapi pengusaha dalam industri rumah tangga mie ganyong yaitu harga pati ganyong yang semakin mahal (100,00 %), pemasaran (71,43 %), kekurangan modal (71,43 %) dan sulitnya mencari tenaga kerja (4,76 %). (3) Strategi pemasaran industri rumah tangga mie ganyong di daerah penelitian terdapat 9 prioritas strategi yaitu 1) Bekerjasama dengan pemerintah untuk mengembangkan usaha industri rumah tangga mie ganyong. 2) Peningkatan Promosi produk melalui media cetak, elektronik dan pameran. 3) Optimalisasi penggunaan merek, label (produsen, waktu produksi, tanggal kadaluarsa, komposisi pembuatan, cara penyajian) dan menciptakan kemasan mie ganyong menarik. 4) Menjaga dan meningkatkan kualitas serta mutu barang maupun pelayanan. 5) Bekerjasama dengan pemerintah dalam pengadaan permodalan. 6) Memperluas daerah pemasaran. 7) Mengadakan penyuluhan tentang budidaya tanaman ganyong. 8) Mengadakan pelatihan inovasi produk, warna dan rasa mie ganyong. 9) Menanam tanaman ganyong untuk membuat pati ganyong sendiri. Kata kunci: Strategi pemasaran, Industri rumah tangga, Mie ganyong.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 05 May 2015 00:28
Last Modified: 29 Jan 2019 22:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18086

Actions (login required)

View Item View Item