PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MUSIK DAERAH MELALUI ANSAMBEL MUSIK di SMP NEGERI 1 TEMPEL

Kurniawan, Adi (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MUSIK DAERAH MELALUI ANSAMBEL MUSIK di SMP NEGERI 1 TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
[1] Halaman Depan.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
[2] BAB 1, 2, 3,4 ,5 + DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (725MB) | Preview
[img]
Preview
Text
[3] LAMPIRAN .pdf

Download (363MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam belajar musik daerah melalui pembelajaran dengan permainan ansambel. Hal ini dikarenakan ditemukannya nilai peserta didik yang kurang maksimal pada pembelajaran musik daerah di kelas IX D SMP Negeri 1 Tempel. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan prasiklus sebagai acuan tindakan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus – 9 September 2014 bertempat di SMP Negeri 1 Tempel. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX D. Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan tes tertulis sebagai penilaian kognitif, tes keterampilan bermain ansambel sebagai penilaian psikomotorik dan pengamatan sikap peserta didik selama pembelajaran sebagai penilaian afektif. Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar observasi. Validitas instrumen dilakukan oleh expert yaitu Sritanto, M.Pd. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Validitas penelitian menggunakan validitas demokratik, proses, dialogis dan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi musik daerah mata pelajaran seni budaya. Hasil evaluasi yang dilakukan dari tahap prasiklus hingga siklus 2 menunjukkan peningkatan pada tiap aspek pembelajaran. Nilai rata-rata peserta didik dalam aspek kognitif sebesar 52,6 meningkat menjadi 82, aspek psikomotorik sebesar 52,2 meningkat menjadi 77,2 dan aspek afektif sebesar 54,5 meningkat menjadi 79,09. Secara keseluruan nilai rata-rata peserta didik meningkat dari 53,13 menjadi 80,75 dan 93,1% peserta didik kelas IX D SMP Negeri 1 Tempel telah mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Ansambel, Musik Daerah
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:06
Last Modified: 29 Jan 2019 21:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17668

Actions (login required)

View Item View Item