PERSPEKTIF PEMBERITAAN DAN BENTUK EKSPRESI BAHASA PADA WACANA BERITA KRIMINAL DI SITUS WWW.BFMTV.COM (KAJIAN WACANA KRITIS)

Prihandini, Ghinayun Amalia Anggun (2015) PERSPEKTIF PEMBERITAAN DAN BENTUK EKSPRESI BAHASA PADA WACANA BERITA KRIMINAL DI SITUS WWW.BFMTV.COM (KAJIAN WACANA KRITIS). S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perspektif wartawan dan (2) bentuk ekspresi bahasa yang meliputi pemakaian kosakata dan modalitas pada wacana berita kriminal pembunuhan pada tanggal 1-7 November 2013 di situs www.bfmtv.com. Sumber data dalam penelitian ini adalah berita kriminal pembunuhan di situs berita online www.bfmtv.com pada tanggal 1-7 November 2013. Data penelitian ini adalah satuan bahasa berupa semua kata, frasa, dan kalimat dalam wacana berita kriminal pembunuhan yang mengandung perspektif pemberitaan dan bentuk-bentuk ekspresi bahasa. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan kata, frasa, dan kalimat pada wacana berita kriminal pembunuhan pada tanggal 1-7 November 2013 di situs www.bfmtv.com. Objek penelitian ini adalah perspektif pemberitaan dan unsur bentuk ekspresi bahasa pada wacana berita kriminal berupa kosakata dan modalitas. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libas cakap dan teknik catat dengan bantuan tabel klasifikasi data. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis yaitu metode padan dan agih. Metode padan referensial dengan menggunakan komponen tutur (SPEAKING) digunakan untuk menganalisis perspektif wartawan dalam pemberitaan. Di samping itu, untuk mengetahui nilai pada kosakata dan modalitas, digunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung (BUL) sebagai teknik dasar dan teknik baca markah sebagai teknik lanjutan, kemudian dilanjut dengan metode padan referensial untuk mengetahui maknanya. Validitas penelitian diperoleh melalui validitas semantik. Reliabilitas penelitian menggunakan intra-rater dan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perspektif yang terdapat pada wacana berita kriminal pembunuhan pada tanggal 1-7 November 2013 di situs www.bfmtv.com diklasifikasikan menjadi perspektif pro pemerintah dan pro yang lain. (2) Bentuk ekspresi bahasa yang terdapat pada wacana berita kriminal pembunuhan pada tanggal 1-7 November 2013 di situs www.bfmtv.com berupa kosakata yang meliputi nilai eksperiensial, relasional, dan ekspresif, dan modalitas yang meliputi modalitas aletik, epistemik, apresiatif, aksiologik, bulik, dan deontik. Kosakata yang paling dominan adalah nilai eksperiensial dengan 43 data dan modalitas yang paling dominan adalah modalitas epistemik dengan 29 data.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perspektif, bentuk ekspresi bahasa, analisis wacana kritis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:15
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17074

Actions (login required)

View Item View Item