PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN CTL DI SMA (Sebuah Penelitian dan Pengembangan)

Fauziah Nindya, Fauziah (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN CTL DI SMA (Sebuah Penelitian dan Pengembangan). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR IS1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN CTL DI SMA (Sebuah Penelitian dan Pengembangan) Oleh: Nindya Fauziah Nim. 08404241007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbentuk modul interaktif yang digunakan siswa SMA kelas X.Mengetahui kelayakan modul yang digunakan dalam pembelajaran ekonomi ditinjau dari kelayakan aspek isi materi, pembelajaran, tampilan dan penyajian, pemrograman. Mengetahui produk berupa modul interaktif yang dapat menunjang pembelajaran kontekstual (CTL). Penelitian yang dilakukan merupakan jenis peneletian pengembangan (Research and Developmet) dan desain penelitian yang mengacu pada model penelitian pengembangan Sugiyono.Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan angket dengan skala likert lima. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan.Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran modul interaktif dikembangkan melalui beberapa tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data atau bahan; (3) desain produk (desain software atau program dan assembly,) pada tahap desain program meliputi desain alur kerja dan desain struktural; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) produksi media atau produk akhir. Ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, tampilan dan penyajian serta pemrograman, media pembelajaran yang dikembangkan “Layak” digunakan dalam pembelajaran ekonomi di SMA. Sesuai dengan penilaian ahli dan guru yaitu kategori “Setuju” dan “Sangat Setuju”, media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat menunjang pembelajaran kontekstual (CTL) di SMA. Kata kunci: Media Pembelajaran, Kelayakan Modul Interaktif, CTL.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16692

Actions (login required)

View Item View Item