IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH SISWA KELAS X TKJ SMK KRISTEN “PENABUR” PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012-2013

Lidya (2013) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH SISWA KELAS X TKJ SMK KRISTEN “PENABUR” PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012-2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI AQU.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB II.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB III.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB IV.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi Metode pembelajaran Snowball Drilling untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas X TKJ SMK Kristen “Penabur” Purworejo, (2) mengetahui kelebihan metode pembelajaran Snowball Drilling, (3) untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi saat menerapkan metode pembelajaran Snowball Drilling untuk pembelajaran sejarah siswa kelas X TKJ SMK Kristen “Penabur” Purworejo. Penelitian ini menggunakan CAR (Classroom Action Research) atau Penelitian Tindakan Kelas. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, Observasi/evaluasi, refleksi. Pengambilan data menggunakan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi, pre-tes dan post-tes. Dalam penelitian ini digunakan dua teknik analisis yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik kuantitatif. Metode pembelajaran Snowball Drilling, yang langkah-langkahnya adalah guru mempersiapkan paket soal-soal pilihan ganda dan menggelindingkan bola salju berupa soal latihan, guru menunjuk atau mengundi untuk mendapatkan seorang peserta didik yang menjawab soal dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Implementasi metode pembelajaran Snowball Drilling pada siklus I nilai rata-rata pre-tes 6,8 dan nilai rata-rata post-tes 7,3, dengan daya serap pre-tes 45,45% dan daya serap post-tes 54,54%. Siklus II nilai rata-rata pre-tes 4,8 dan nilai rata-rata post-tes 7,7. Dengan daya serap pre-tes 4,54% dan daya serap post-tes 72,72%. Siklus III nilai rata-rata pre-tes 6,1 dan nilai rata-rata posttes 9,5 mengalami. Dengan daya serap pre-tes 19,04% dan daya serap post-tes 95,23%. Kelebihan dari penerapan metode pembelajaran Snowball Drilling adalah dapat melatih siswa menjawab soal dengan cepat dan tepat, Menimbulkan semangat baru bagi siswa dalam belajar, Siswa dapat berpikir cepat dan praktis untuk menjawab soal yang diberikan. Hambatan yang dihadapi adalah metode pembelajaran Snowball Drilling tergolong baru diterapkan sehingga siswa belum paham saat dilaksanakan, siswa kurang memahami pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Drilling, mata pelajaran IPS adalah jam 4-5, terpotong jam ist irahat, karakter siswa yang berbeda-beda sehingga guru harus sabar saat mengimplementasikan metode pembelajaran Snowball Drilling. Kata kunci: Snowball Drilling, Prestasi Belajar, IPS Materi Sejarah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 00:08
Last Modified: 29 Jan 2019 20:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16359

Actions (login required)

View Item View Item