PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP ISLAM TERPADU (IT) ABU BAKAR YOGYAKARTA

Alif, Wulandari (2013) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP ISLAM TERPADU (IT) ABU BAKAR YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Other
BAB V.PDF

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Other
lampiran.PDF

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS, (2) faktor pendukung dalam melaksanakanpendidikan karakter pada pembelajaran IPS, dan (3) kendala yang dihadapi gurudalam melaksanakan pendidikan karakter pada pembelajaran IPS di SMP IT AbuBakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatankualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, guru IPS, guru BK, dansiswa SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Data hasil penelitian diperoleh enganmenggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yangdigunakan untuk menguji keabsahan data yaitu teknik triangulasi data sumber.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikankarakter dalam pembelajaran IPS di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta diawalidengan menyusun perencanaan pembelajaran berupa silabus dan rencanapelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mencantumkan nilai-nilai karakter. Nilaikarakter yang dikembangkan dalam pembelajaran merupakan nilai karakter yangdikembangkan oleh puskur dan 10 muwashaffat yang disusun oleh sekolah. Untukmemunculkan nilai karakter tersebut, guru menggunakan metode pembelajaranceramah dan diskusi. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran IPS mengacu padatiga pilar pendidikan karakter yang meliputi moral knowing, moral feeling, danmoral doing. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter dalampembelajaran IPS meliputi: muatan materi IPS yang berkaitan dengan kehidupansehari-hari; kurikulum SMP IT Abu Bakar yang memiliki ciri khas Islam terpadu; lingkungan sekolah yang mendukung; dan adanya pelatihan pembuatan RPP dansilabus berkarakter dari dinas. (3) kendala pelaksanaan pendidikan karakter dalampembelajaran IPS meliputi faktor fisik berupa belum adanya laboratorium IPS,dan non fisik yang berupa muatan materi IPS yang terlalu banyak; jumlah jambelajar siswa dan julmah mata pelajaran yang banyak; keterbatasan guru dalammengarahkan dan memantau perkembangan siswa; dan pengawasan siswa dirumah yang kurang sinkron dengan sekolah. Kata Kunci: pelaksanaan pendidikan karakter, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 20:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16157

Actions (login required)

View Item View Item