INCREASING MOTIVATION AND LEARNING ACTIVITIES IN ACCOUNTING THROUGH ACTIVE LEARNING MODEL USING DOMINO CARD LEARNING MEDIA IN CLASS X AK 3 SMKN 1 BANTUL ACADEMIC YEAR 2014

Martutiningrum, Dwi (2015) INCREASING MOTIVATION AND LEARNING ACTIVITIES IN ACCOUNTING THROUGH ACTIVE LEARNING MODEL USING DOMINO CARD LEARNING MEDIA IN CLASS X AK 3 SMKN 1 BANTUL ACADEMIC YEAR 2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
1.APPROVAL,VALIDATION, DECLARATION OF AUTHENTICITY.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Abstract.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.CHAPTER I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.CHAPTER II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.CHAPTER III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.CHAPTER IV Autosaved 28 12.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.CHAPTER V.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Implementasi Model Pembelajaran Active Learning dengan Media Kartu Domino dilaksanakan atas dasar permasalahan yang ada pada Motivasi dan Aktivitas Belajar Akuntansi yang belum maksimal dan perlu ditingkatkan pada kelas X AK3 SMKN 1 Bantul tahun akademik 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X AK 3 SMKN 1 Bantul tahun akademik 2014 yang terdiri dari 33 siswa. Setiap satu siklus tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan presentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan pada presentase skor motivasi dan aktivitas belajar akuntansi.Presentase peningkatan motivasi belajar akuntansi yang dicapai sebesar 8,55% dari pencapaian sebesar 78,83% pada siklus I dan meningkat sebesar 87,38% pada siklus II. Presentase peningkatan aktivitas belajar akuntansi yang dicapai sebesar 7,53% dari 79,86% pada siklus I dan meningkat menjadi 87,38% pada siklus II. Berdasarkan presentasesecara individu pada motivasi belajar siswa, peningkatan yangdicapai sebesar 8,86% dari pencapaian 78,46% pada siklus I dan meningkat menjadi 87,32% pada siklus II. Peningkatan presentase secara individu pada aktivitas belajar siswa dicapai sebesar 7,41% dengan pencapaian 80,17% pada siklus I meningkat menjadi 87,58% pada siklus II. Data ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Active Learing berbantu media Kartu Domino dapat meiningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas X AK 3 SMKN 1 Bantul tahun pelajaran 2014. Kata kunci: Active Learning berbantu media Kartu Domino, Motivasi Belajar Akuntansi, Aktivitas Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14864

Actions (login required)

View Item View Item