EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013

Paulus, Dwi Pamuji (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 1 IMOGIRI TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman depan.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah dengan menggunakan media gambar dapat menarik dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, karena dengan media gambar siswa dapat melihat secara riil mengenai kejadian yang sedang guru sampaikan, sehingga prestasi siswa juga dapat meningkat. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran sejarah dengan menggunakan media gambar lebih efektif, jika dibandingkan dengan pembelajaran sejarah yang tidak menggunakan media gambar bagi siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, artinya kelas yang menjadi objek penelitian tidak mendapat kontrol yang ketat seperti penelitian eksperimen pada umumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA di SMA N 1 Imogiri pada semester genap untuk tahun ajaran 2011/2012. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan alasan karena peneliti memiliki pertimbangan-pertimbangan dalam menentukan yang menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang dijadikan sebagai sampel adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Rancangan penelitian yang berupa tes, dilakukan dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dilakukan di kelas eksperimen maupun kelas kontrol selama kedua kelas mendapatkan perbedaan perlakuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan menggunakan uji t. Uji t dilakukan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji effect size dilakukan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diketahui bahwa nilai

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 04:53
Last Modified: 29 Jan 2019 19:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item View Item