EMANFAATAN LABORATORIUM PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 BANTUL

Anggi, Perdana (2013) EMANFAATAN LABORATORIUM PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) Pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Pancasila sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Bantul. 2) Hambatan-hambatan yang terjadi dari pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Pancasila sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Bantul. 3) Upaya-upaya yang ditempuh untuk mengatasi hambatan-hambatan dari pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Pancasila sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bantul pada bulan Mei-Juli 2012.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 3 guru mata pelajaran PKn dan 9 siswa SMP Negeri 1 Bantul.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, kategorisasi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Pancasila sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PKn masih jarang,dikarenakan guru dan siswa jarang berkunjung ke Laboratorium Pendidikan Pancasila untuk memanfaatkannya sebagai sumber belajar. 2) Hambatan-hambatan yang terjadi dari pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Pancasila sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Bantul adalah a) kurangnya koleksi jenis sumber belajar miniatur dan diorama, b) minat siswa untuk berkunjung dan memanfaatkan koleksi sumber belajar buku masih rendah. 3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dari pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Pancasila sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Bantul adalah a) menambah koleksi jenis sumber belajar berupa miniatur dan diorama, b) memotivasi dan mengajak siswa untuk berkunjung dan memanfaatkan koleksi buku yang tersedia di Laboratorium Pendidikan Pancasila SMP Negeri 1 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 26 Mar 2015 00:16
Last Modified: 26 Mar 2015 00:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item