UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 3 GODEAN SLEMAN

Nurul, Hidayati (2012) UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 3 GODEAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1-COVER SKRIPSI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-kata pengantar.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-BAB I-III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-BAB IV.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7-lampiran 1.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 3 Godean.Penelitian ini dilaksanakan di kelasVIII B karena kelas tersebut merupakan kelas yang aktifitas belajar siswanya sangat kurang dan dengan nilai mata pelajaran IPS paling rendah dibandingkan kelas yang lain. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini dilakukan untuk meningkatkan praktik dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode Cooperative Learning teknik Jigsaw dan berkolaborasi dengan seorang guru yang bertugas sebagai observer. Guna untuk mencapai target indikator keberhasilan, penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri atas 5 kali pertemuan. Tiap pertemuan dilakukan observasi tentang semua kejadian yang berlangsung selama pembelajaran. Penelitian dengan penerapan metode Cooperative Learning Teknik Jigsaw berpengaruh terhadap meningkatnya aktivitas belajar siswa.Terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS sebagai berikut: partisipasi belajar siswa sebelum tindakan sebanyak (12,50%), setelah tindakan siklus I menjadi (45,32%), pada siklus II meningkat menjadi (49,99%), dan tindakan siklus III meningkat menjadi (54,82). Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan sebagai berikut : sebelum tindakan yang mendapat nilai lebih dari 75 sebanyak 22 siswa (68,75%), setelah tindakan siklus I menjadi 23 siswa (71,88%), siklus II naik menjadi 25 siswa (78,12%), dan siklus III naik menjadi 28 siswa (87,50). Guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan pembelajaran setelah penelitian dilaksanakan. Kata kunci = Cooperative Learning Teknik Jigsaw, partisipasi belajar siswa, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 25 Mar 2015 08:15
Last Modified: 29 Jan 2019 19:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13869

Actions (login required)

View Item View Item