Deni, Hertawan (2012) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATERI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PLERET. D3 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1 HAL JUDUL.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
3.PERSETUJUAN.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
4.SURAT PERNYATAAN.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
2.PENGESAHAN.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
8.KATA PENGANTAR.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
9.DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
daftar Pustaka.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan media pembelajaran bentuk macromedia flash untuk meningkatan motivasi belajar dan pemahaman materi serta mendapatkan bukti-bukti bahwa penggunaan media pembelajaran bentuk macromedia flash dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman materi siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Pleret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pelaksanaan tindakan adalah kolaborasi yaitu guru geografi SMA Negeri 1 Pleret dan peneliti sebagai observer serta sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Pleret yang berjumlah 26 siswa. Jenis tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran bentuk macromedia flash dalam pembembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Pleret. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi untuk mendapatkan data aktivitas siswa dan aktivitas guru, serta tes untuk mendapatkan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran bentuk macromedia flash yang dikombinasikan dengan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman materi. Bukti peningkatan motivasi belajar dapat diketahui melalui meningkatnya aktivitas siswa dari setiap siklus. Persentase peningkatan motivasi siswa siklus I pertemuan 1 sebesar 60,42% dan pertemuan 2 sebesar 43,75%, siklus II pertemuan 1 sebesar 60,42% dan pertemuan 2 sebesar 89,58% serta siklus III sebesar 91,67%. Kemudian bukti peningkatan pemahaman materi dapat ditunjukan dengan hasil belajar siswa dan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada mata pelajaran geografi setelah menggunakan media pembelajaran bentuk macromedia flash. Peningkatan diawali dari siklus I, nilai rata-rata siklus I sebesar 67,12 dan jumlah siswa yang mencapai batas nilai tuntas sebanyak 11 siswa (42,31%). Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 67,88 dan jumlah siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 16 siswa (61,54%), serta siklus III nilai rata-rata juga mengalami peningkatan yaitu menjadi 81,35 dan jumlah siswa yang mencapai batas nilai tuntas sebanyak 24 siswa (92,31%). Kata kunci: macromedia flash, motivasi belajar dan pemahaman materi.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Geografi FIS |
Date Deposited: | 25 Mar 2015 08:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 02:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13865 |
Actions (login required)
View Item |