PENINGKATANKEMAMPUANMENGENALBILANGAN MENGGUNAKANVCDPENDIDIKANSEBAGAIMEDIAPEMBELAJARAN PADAANAKTUNAGRAHITA RINGANDISLBTEGARHARAPAN

Pritasari, Ade (2012) PENINGKATANKEMAMPUANMENGENALBILANGAN MENGGUNAKANVCDPENDIDIKANSEBAGAIMEDIAPEMBELAJARAN PADAANAKTUNAGRAHITA RINGANDISLBTEGARHARAPAN. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ade_pritasari.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukpeningkatankemampuanmengenalbilangan anaktunagrahitaringankelasIISDdiSLBTegarHarapandenganmenggunakan mediaVCDpendidikan. Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakan kelasdenganmelalui2siklus.Setiapsiklusnyadilakukan5kalipertemuan. PenentuanSubjekmerupakanpopulasisiswatunagrahitaringankelasIISDLB. Waktupenelitiandilakukan selama2bulanmulaidari16Juli2010sampaidengan27 September2010.Teknikpengumpulandatatentangmonitoringpartisipasisiswa, unjukkerjaprofessionalgurudankesesuaiantindakandenganrencanadilakukan denganobservasi.Pengumpulandatamenggunakanteskemampuanmengenal bilangan.Analisisdatayangdigunakandalampenelitianinidenganteknikdeskriptifkuantitatif. HasilpenelitianmenunjukkanbahwamediaVCDpendidikandapatdigunakan untukpeningkatankemampuanmengenalbilangananaktunagrahitaringan.Halini terbuktidarisubjekWNkemampuanawal57termasukkriteriakurangdansubjekLA kemampuanawal54termasukkriteriakurang.Kemampuansetelahdiberikan tindakansiklusIdenganmenggunakanmediaVCDpendidikansubjek WN memperolehnilai74termasukkriteriacukupdanLAmemperolehnilai73termasukkriteriacukup.PadasiklusIIselaindilakukanpembelajaranmenggunakanmedia VCDpendidikandiberikantambahantindakanyaitugurudalammenerangkanpelajaranjugamenggunakangambaryangsamadenganceritaVCDdantempat pembelajarandibuatkondusifagaranakmerasanyamandalambelajar,setiapkali gurumemberiperingatanpadaanaksehinggaanaktidaktertinggaldalammelihatisi ceritafilmVCDpendidikan,padasaatpembelajaranruangkelasditutupdansuara padaspekerlebihdiperkerassehinggamenjadikondusifuntukbelajardanperhatian anaktidakmudahberalih.Peningkatantersebutmenunjukkannilaikemampuan mengenalbilangansubjek,WNmendapatnilai97termasukkriteriabaikdanLA96 termasukkriteriabaik. Katakunci:kemampuanmengenalbilangan,mediaVCDpendidikan,anak tunagrahitaringan. vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 04 Jul 2012 03:43
Last Modified: 29 Jan 2019 14:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item