Pritasari, Ade (2012) PENINGKATANKEMAMPUANMENGENALBILANGAN MENGGUNAKANVCDPENDIDIKANSEBAGAIMEDIAPEMBELAJARAN PADAANAKTUNAGRAHITA RINGANDISLBTEGARHARAPAN. S1 thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
ade_pritasari.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukpeningkatankemampuanmengenalbilangan anaktunagrahitaringankelasIISDdiSLBTegarHarapandenganmenggunakan mediaVCDpendidikan. Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakan kelasdenganmelalui2siklus.Setiapsiklusnyadilakukan5kalipertemuan. PenentuanSubjekmerupakanpopulasisiswatunagrahitaringankelasIISDLB. Waktupenelitiandilakukan selama2bulanmulaidari16Juli2010sampaidengan27 September2010.Teknikpengumpulandatatentangmonitoringpartisipasisiswa, unjukkerjaprofessionalgurudankesesuaiantindakandenganrencanadilakukan denganobservasi.Pengumpulandatamenggunakanteskemampuanmengenal bilangan.Analisisdatayangdigunakandalampenelitianinidenganteknikdeskriptifkuantitatif. HasilpenelitianmenunjukkanbahwamediaVCDpendidikandapatdigunakan untukpeningkatankemampuanmengenalbilangananaktunagrahitaringan.Halini terbuktidarisubjekWNkemampuanawal57termasukkriteriakurangdansubjekLA kemampuanawal54termasukkriteriakurang.Kemampuansetelahdiberikan tindakansiklusIdenganmenggunakanmediaVCDpendidikansubjek WN memperolehnilai74termasukkriteriacukupdanLAmemperolehnilai73termasukkriteriacukup.PadasiklusIIselaindilakukanpembelajaranmenggunakanmedia VCDpendidikandiberikantambahantindakanyaitugurudalammenerangkanpelajaranjugamenggunakangambaryangsamadenganceritaVCDdantempat pembelajarandibuatkondusifagaranakmerasanyamandalambelajar,setiapkali gurumemberiperingatanpadaanaksehinggaanaktidaktertinggaldalammelihatisi ceritafilmVCDpendidikan,padasaatpembelajaranruangkelasditutupdansuara padaspekerlebihdiperkerassehinggamenjadikondusifuntukbelajardanperhatian anaktidakmudahberalih.Peningkatantersebutmenunjukkannilaikemampuan mengenalbilangansubjek,WNmendapatnilai97termasukkriteriabaikdanLA96 termasukkriteriabaik. Katakunci:kemampuanmengenalbilangan,mediaVCDpendidikan,anak tunagrahitaringan. vii
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 04 Jul 2012 03:43 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 14:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1380 |
Actions (login required)
View Item |