UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODECOOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN IPS KELAS VII D SMP N 1 SANDEN

Karmiyati, . (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODECOOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN IPS KELAS VII D SMP N 1 SANDEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi 12405247007 Karmiyati.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar IPS melalui Metode Cooperative LearningTipe JigsawMata Pelajaran IPS Kelas VII D SMP N 1 SandenKabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar IPS. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPS apabila telah mencapai ketuntasan belajar klasikal ≥ 80%, dengan ketuntasan individu ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII D SMP N 1 Sanden Kabupaten Bantul. Peningkatan minat ditunjukkan dari siswa yang minat belajar sangat baik sejumlah (35,71%) menjadi (67,85%) pada akhir siklus II. Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas VII D SMP N 1 Sanden Kabupaten Bantul. Prestasi belajar IPS siswa meningkat dari rata-rata sebesar 70,21 pada tahap awal, 76,9 pada siklus I dan 80 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat dan prestasi belajar dengan menggunakan metode Cooperative LearningTipe Jigsaw. Kata Kunci : Metode belajar, Cooperative Learning, Jigsaw, Minat, Prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 23 Mar 2015 02:52
Last Modified: 23 Mar 2015 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13615

Actions (login required)

View Item View Item