EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN MODEL SIKLUS 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS MAN YOGYAKARTA III

Anggi Tyas Pramudita, . (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN MODEL SIKLUS 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS MAN YOGYAKARTA III. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10405241030 Anggi Tyas.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas antara model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning dan model belajar siklus 5e dalam meningkatkan kemandirian belajar geografi siswa kelas XI IPS MAN Yogyakarta III. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experiment research). Lokasi penelitian adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta III. Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 yang masing-masing kelas berjumlah 27 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perhitungan prasyarat analisis yakni, perhitungan normalitas, homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan, uji-t (independent sample t-test) memiliki nilai sebesar -0,43 dengan signifikasi 0,966, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 tidak diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Model PBM dan model siklus 5e tidak efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar geografi siswa, (2) Model PBM memiliki nilai gain score lebih tinggi dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan kemandirian belajar geografi dibandingkan model siklus 5e, meskipun nilai peningkatannya tidak signifikan, (3) Model PBM dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar geografi siswa dengan penerapan yang lebih baik dan modifikasi dalam pelaksanaannya. Kata kunci: Model pembelajaran berbasis masalah (PBM), model siklus 5e, kemandirian belajar geografi, MAN Yogyakarta III.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 23 Mar 2015 01:42
Last Modified: 29 Jan 2019 19:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13579

Actions (login required)

View Item View Item