Penerapan MOdel Pembelajaran Tebak Kata untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IIS.2 SMA Negeri 2 Wates Tahun Ajaran 2014/ 2015

Ika Lilis Wahyuningsih, . (2015) Penerapan MOdel Pembelajaran Tebak Kata untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IIS.2 SMA Negeri 2 Wates Tahun Ajaran 2014/ 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (SWF)
SKRIPSI FULL 10406244036.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Tebak Kata untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IIS.2 SMA Negeri 2 Wates, dan (2) untuk mengetahui kelebihan dan kendala dari penerapan model pembelajaran Tebak Kata pada siswa kelas XI IIS.2 SMA Negeri 2 Wates Tahun Ajaran 2014/ 2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Tebak Kata mampu meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IIS.2 SMA Negeri 2 Wates. Peningkatan motivasi pada siklus I sebesar 13% terjadi dari 74,5% menjadi 87,5%. Peningkatan motivasi pada siklus II sebesar 5,8% terjadi dari 84,7% menjadi 90,5%. Kelebihan dari penerapan model pembelajaran Tebak Kata antara lain siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran, tercipta pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan daya ingat siswa. Kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran Tebak Kata antara lain masih ada siswa yang ramai sehingga suasana kelas kurang kondusif. Kata kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Tebak Kata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Ilmu Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 20 Mar 2015 00:45
Last Modified: 29 Jan 2019 19:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13466

Actions (login required)

View Item View Item