PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD N 2 KARANGTURI, GANTIWARNO, KLATEN

Indah Fitri, Purnami (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD N 2 KARANGTURI, GANTIWARNO, KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPA adalah perwujudan kemampuan pembelajaran IPA akibat perubahan perilaku yang dilakukan oleh usaha pendidikan. Kemampuan itu menyangkut domain kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD N 2 Karangturi melalui penggunaan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 2 Karangturi yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi sikap menghargai siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan metode eksperimen, dan soal tes. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan konsultasi dengan dosen ahli (expert judgement). Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan 80% siswa mengalami peningkatan sikap menghargai dan tingkat pemahamannya, yaitu rata-rata sikap menghargai mencapai ≥ 70% dan untuk pemahaman konsep mencapai nilai ≥ 65, serta untuk rata-rata nilai IPA mencapai ≥ 70. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode eksperimen sesuai langkah-langkahnya. Siswa sudah bisa melakukan tugas berkelompok dan presentasi dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM, meningkatnya rata-rata kelas, dan meningkatnya sikap menghargai siswa pada setiap siklus. Keadaan awal menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM ada 8 siswa atau 44,44%, rata-rata kelas menunjukkan 56,11, dan sikap menghargai menunjukkan 38,89%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM ada 12 orang atau 66,67% sehingga terjadi peningkatan 22,23%, rata-rata kelas terjadi peningkatan 10,56 dan sikap menghargai mengalami peningkatan 21,48%. Pada pembelajaran siklus II siswa yang mencapai KKM ada 15 siswa atau 83,33%, rata-rata kelas meningkat menjadi 80,56, dan sikap menghargai siswa meningkat menjadi 72,96%. Jika dibandingkan dengan siklus I terjadi kenaikan ketuntasan siswa sebesar 16,67%, pada rata-rata terjadi kenaikan sebesar 13,89 dan pada sikap menghargai siswa terjadi kenaikan sebesar 12,59%. Kata kunci: hasil belajar, metode eksperimen, siswa kelas IV

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 01:13
Last Modified: 29 Jan 2019 19:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13200

Actions (login required)

View Item View Item