Indah Fitri, Purnami (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD N 2 KARANGTURI, GANTIWARNO, KLATEN. S1 thesis, PGSD.
|
Text
BAB 1.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar IPA adalah perwujudan kemampuan pembelajaran IPA akibat perubahan perilaku yang dilakukan oleh usaha pendidikan. Kemampuan itu menyangkut domain kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD N 2 Karangturi melalui penggunaan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 2 Karangturi yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi sikap menghargai siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan metode eksperimen, dan soal tes. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan konsultasi dengan dosen ahli (expert judgement). Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan 80% siswa mengalami peningkatan sikap menghargai dan tingkat pemahamannya, yaitu rata-rata sikap menghargai mencapai ≥ 70% dan untuk pemahaman konsep mencapai nilai ≥ 65, serta untuk rata-rata nilai IPA mencapai ≥ 70. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode eksperimen sesuai langkah-langkahnya. Siswa sudah bisa melakukan tugas berkelompok dan presentasi dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM, meningkatnya rata-rata kelas, dan meningkatnya sikap menghargai siswa pada setiap siklus. Keadaan awal menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM ada 8 siswa atau 44,44%, rata-rata kelas menunjukkan 56,11, dan sikap menghargai menunjukkan 38,89%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM ada 12 orang atau 66,67% sehingga terjadi peningkatan 22,23%, rata-rata kelas terjadi peningkatan 10,56 dan sikap menghargai mengalami peningkatan 21,48%. Pada pembelajaran siklus II siswa yang mencapai KKM ada 15 siswa atau 83,33%, rata-rata kelas meningkat menjadi 80,56, dan sikap menghargai siswa meningkat menjadi 72,96%. Jika dibandingkan dengan siklus I terjadi kenaikan ketuntasan siswa sebesar 16,67%, pada rata-rata terjadi kenaikan sebesar 13,89 dan pada sikap menghargai siswa terjadi kenaikan sebesar 12,59%. Kata kunci: hasil belajar, metode eksperimen, siswa kelas IV
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 01:13 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13200 |
Actions (login required)
View Item |