Muhammad Arif, Mulyana (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELA IV MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA DI SD N KANDANGAN I SEYEGAN. S1 thesis, PGSD.
|
Text
BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV melalui penggunakan alat percobaan sederhana kelas IV SD Negeri Kandangan 1 Seyegan Sleman. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri Kandangan 1 Seyegan yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila sebanyak ≥ 75% siswa berhasil mencapai KKM Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas IV SD N Kandangan 1 Seyegan dalam pelajaran IPA terjadi peningkatan. Pembelajaran dengan pemanfaatan alat percobaan sederhana dapat meningkatkan prestasi belajar IPA dilakukan pembagian tugas setiap anggota kelompok dan secara individu. Hal tersebut ditunjukkan dari prestasi belajar kondisi awal yang mencapai KKM sebanyak 44% siswa atau 11 siswa meningkat menjadi 72% siswa atau 18 sisiwa dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92% atau 23 siswa mencapai KKM. Kata kunci: prestasi belajar, alat percobaan sederhana
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Mar 2015 04:14 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13185 |
Actions (login required)
View Item |