HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DAN KEAKTIFAN KEGIATAN DI KAMPUSDENGAN KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Suparman B, M.Pd. (2015) HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DAN KEAKTIFAN KEGIATAN DI KAMPUSDENGAN KOMPETENSI SOSIAL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 SKRIPSI GALANG 11505244016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) seberapa baik kompetensi sosial mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (JPBP FBS UNY), (2) seberapa baik lingkungan sosial di kampus mahasiswa JPBP FBS UNY, (3) seberapa besar tingkat keaktifan kegiatan di kampus mahasiswa JPBP FBS UNY, (4) hubungan lingkungan sosial dan keaktifan kegiatan di kampus dengan kompetensi sosial mahasiswa JPBP FBS UNY. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto dan merupakan penelitian assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa JPBP FBS UNY sebanyak 220 siswa dengan jumlah sampel 141 responden yang dihitung dengan tabel Krejcie-Morgan. Penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, korelasi product moment dan korelasi ganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi sosial mahasiswa JPBP FBS UNY berada pada kategori baik dengan ditunjukkan reratanya 2,99 (skala 4), (2) lingkungan sosial di kampus mahasiswa JPBP FBS UNY berada pada kategori cukup baik dengan ditunjukkan reratanya 2,4, (3) keaktifan kegiatan di kampus mahasiswa JPBP FBS UNY berada pada kategori kurang baik dengan ditunjukkan reratanya 2,1, (4) ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sosial dan keaktifan kegiatan di kampus dengan kompetensi sosial mahasiswa JPBP FBS UNY, nilai probabilitas p<0,05, nilai Fhitung= 28,4>Ftabel 3,06. Koefisien determinan 29,4% sedangkan 70,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Kompetensi sosial, mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis, lingkungan sosial di kampus, keaktifan kegiatan di kampus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 01:24
Last Modified: 29 Jan 2019 19:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13064

Actions (login required)

View Item View Item