THE ENGLISH PARTIAL IMMERSION CLUE SEBAGAI BAHAN AJAR BERBAHASA INGGRIS UNTUK SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL KELAS SOCIAL SCIENCES DAN LANGUAGES AND LETTERS DI SMP BILINGUAL DIY

RA. Rahmi D. Andayani, M.Pd. (2010) THE ENGLISH PARTIAL IMMERSION CLUE SEBAGAI BAHAN AJAR BERBAHASA INGGRIS UNTUK SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL KELAS SOCIAL SCIENCES DAN LANGUAGES AND LETTERS DI SMP BILINGUAL DIY. [Experiment/Research]

[img] Text
03_Rahmi_D_Andayani.doc

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan hibah bersaing yang dilakukan oleh Andayani, Rahmi D., dkk (2007 dan 2008) yang bertujuan untuk membuat model pembelajaran English Immersion Program dan sosialisasi model tersebut di sekolah bilingual di DIY untuk kelas Bahasa Inggris dan MIPA. Latar penelitian ini juga merupakan penelitian lanjutan prioritas nasional yang dilakukan oleh Andayani, Rahmi D., dkk (2009) yang bertujuan untuk membuat implementasi model pembelajaran English Partial Immersion Program dan sosialisasi model tersebut di sekolah bilingual di DIY untuk kelas Social Sciences and Languages and letters. Berdasarkan hasil penelitian prioritas nasional tersebut perlu ditindaklanjuti dengan penelitian tentang terwujudnya buku ajar untuk kelas bilingual sebagai masukan kebijakan bagi institusi terkait dan untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia dalam menghasilkan buku acuan dalam pengajaran menuju perbukuan nasional. Desain penelitian berupa descriptive qualitative and quantitative. Data berupa ujaran lisan dan bahasa tertulis, sedangkan sumber data adalah seluruh guru IPS dan Bahasa, siswa yang terlibat, kepala sekolah dari Sekolah Bilingual Menengah Pertama di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi objek penelitian yaitu SMPN 1 Depok Sleman dan SMPN 1 Wates Kulonprogo, stakeholders dan para peserta workshop. Alat pengumpul data berupa video, tape recorder, buku panduan, pengumpul data dan catatan-catatan lapangan, sedangkan instrumen penelitian berupa human instrument (key instrument) yang dilengkapi dengan kuesioner tentang uji coba buku ajar untuk IPS dan Bahasa dan sastra yang telah diproduksi untuk pembelajaran bahasa Inggris yang berupa The English Partial Immersion Clue (lihat alur penelitian pada bab 3 halaman 28). Sedangkan uji validitas akan dilakukan dengan cara (1) triangulasi, (2) pemeriksaan sejawat, (3) uji coba buku ‘A New Course Book In Learning and Using English For Social Sciences and Languages and Letters’ dan (4) pencocokan hasil analisis terdahulu. Peneliti berusaha untuk membuat penelitian tentang partial Immersion program yang diimplementasikan di kelas social sciences dan languanges and letters dengan disertai produk Learning course yang berupa A New Course Book In Learning And Using English For Social Science And Languages and Letters In International Class Program for The Grade VII Students. Berdasarkan hasil

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 28 Jun 2012 01:15
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item View Item