PENGGUNAAN SEDOTAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS 1 SD N SANGGRAHAN, BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO

Ariyanti, Zeni Dwi (2013) PENGGUNAAN SEDOTAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS 1 SD N SANGGRAHAN, BENDUNGAN, WATES, KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zeni Dwi Ariyanti.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan sedotan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas 1 SD N Sanggrahan, Bendungan, Wates, Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif, menggunakan model Kemmis dan Taggart yang telah dimodifikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD N Sanggrahan yang berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode observasi. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar matematika, metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data prestasi belajar dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terjadi peningkatan pada prestasi belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 35,65 dan peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 58,8%. (2) Terjadi peningkatan pada proses pembelajaran, dengan peningkatan persentase hasil observasi siswa sebesar 9,81% dan peningkatan persentase hasil observasi guru sebesar 6,62%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan sedotan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan proses pembelajarannya. Kata kunci: sedotan, media pembelajaran, prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item View Item