PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MELALUI METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI SALAM 01 TAHUN AJARAN 2012/2013

Maryanti, Puji Tri (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MELALUI METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI SALAM 01 TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Puji Trimaryanti.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS melalui metode peta konsep pada siswa kelas IV A SD Negeri Salam 01 Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Salam 01 yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 17 siswa putra dan 17 siswa putri. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik analisis dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pemahaman konsep IPS siswa dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui metode peta konsep. Hasil nilai rata-rata kelas yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV A meningkat dari 64,7 menjadi 79,1. Dengan demikian, penggunaan metode peta konsep dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas IV A SD Negeri Salam 01. Kata kunci : pemahaman konsep IPS, metode peta konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 May 2013 07:37
Last Modified: 29 Jan 2019 18:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10429

Actions (login required)

View Item View Item