IMPLIKASI LINGKUNGAN KELUARGA, KREATIVITAS, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

Zulkarnain Nur, Fajar (2013) IMPLIKASI LINGKUNGAN KELUARGA, KREATIVITAS, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
zulkarnain-Nur-fajar-09502241016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Seberapa jauh Hasil Belajar siswa, 2) Seberapa jauh Lingkungan Keluarga siswa, 3) Seberapa jauh Kreativitas siswa, 4) Seberapa jauh Fasilitas Belajar siswa, 5) Implikasi Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar, 6) Implikasi Kreativitas Terhadap Hasil Belajar, 7) Implikasi Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar, 8) Implikasi Lingkungan Keluarga, Kreativitas dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan penelitian sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul berjumlah 125 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisa data ada dua yaitu analisis regresi sederhana satu prediktor dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Hasil belajar siswa berada pada kategori baik yakni sebesar 49,6%, 2) Lingkungan keluarga siswa berada pada kategori sangat tinggi yakni sebesar 50,4%, 3) Kreativitas siswa berada pada kategori tinggi yakni sebesar 51,2%, 4) Fasilitas belajar siswa berada pada kategori tinggi yakni sebesar 43,2%, 5) Terdapat Implikasi yang positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar yang dibuktikan dengan harga rx1y (0,419) lebih besar dari rtabel (0,176) pada taraf signifikansi 5%, 6) Terdapat Implikasi yang positif dan signifikan antara Kreativitas Terhadap Hasil Belajar yang dibuktikan dengan harga rx2y (0,404) lebih besar dari rtabel (0,176) pada taraf signifikansi 5%, 7) Terdapat Implikasi yang positif dan signifikan antara Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar yang dibuktikan dengan harga rx3y (0,425) lebih besar dari rtabel (0,176) pada taraf signifikansi 5%, 8) Terdapat Implikasi yang positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga, Kreativitas dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar yang dibuktikan dengan harga ry(123) (0,516) lebih besar dari rtabel (0,176) pada taraf signifikansi 5%. Selain itu dibuktikan pula dengan harga Fhitung (14,658) lebih besar dari Ftabel (2,68) pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2013 01:48
Last Modified: 29 Jan 2019 18:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10396

Actions (login required)

View Item View Item