PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS IV SD N SUSUKAN KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN

Istirahah , Miftahul (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS IV SD N SUSUKAN KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Miftahul Istirahah.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas IV SD N Susukan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Subjek penelitian adalah 25 orang siswa kelas IV SD N Susukan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman. Penelitian diadakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD N Susukan Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman, baik hasil belajar siswa aspek afektif maupun hasil belajar siswa aspek kognitif. Peningkatan hasil belajar siswa aspek afektif dapat dilihat dari hasil observasi, pada siklus I persentase siswa yang masuk dalam kategori baik sebesar 52%. Pada siklus II persentase siswa yang masuk dalam kategori sangat baik meningkat menjadi 100%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif dapat dilihat dari naiknya nilai rata-rata kelas dari hasil tes pasca tindakan tiap siklusnya. Nilai rata-rata kelas pra tindakan adalah 61,2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 66,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,6. Kata Kunci: hasil belajar, IPS, Student Teams Achievement Divisions

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Mar 2013 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item View Item