PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IIB SEKOLAH DASAR NEGERI SINDUADI I MLATI KAB. SLEMAN YOGYAKARTA

Hidayati, Isni (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IIB SEKOLAH DASAR NEGERI SINDUADI I MLATI KAB. SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Isni Hidayati.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

pemahaman siswa kelas IIB SD N Sinduadi I Mlati dengan menggunakan media gambar. Jenis metode adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIB SD N Sinduadi I yang berjumlah 33 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, test, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk hasilnya dan deskriptif kualitatif untuk prosesnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, terutama pembelajaran membaca pemahaman. Hal ini terbukti dengan subjek penelitian lebih aktif, semangat, dan antusias dalam proses pembelajaran. Pada nilai kemampuan awal mencapai rata-rata 60,30 mengalami kenaikan setelah siklus I dengan rata-rata mencapai 68,78 dan mengalami kenaikan setelah siklus II dengan rata-rata mencapai 81,51. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelasini berhasil meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IIB SD N Sinduadi I Mlati karena telah memenuhi kriteria keberhasilan. Kata kunci: membaca pemahaman, media gambar, siswa kelas IIB SD N Sinduadi I Mlati

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Mar 2013 02:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item