MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI REJODANI NGAGLIK SLEMAN

Maisari, Ika (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI REJODANI NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Ika Maisari.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas V SDN Rejodani. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc. Taggart berkolaborasi dengan guru kelas V. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rejodani. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan hasil tes belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Rejodani. Nilai rata-rata mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 8,05 (kondisi awal 62,08 menjadi 70,13) dan peningkatan pada siklus II sebesar 10.88 (siklus I 70,13 menjadi 81,00). Selain hasil belajar antusias, keaktifan, kerjasama serta tanggung jawab siswa juga meningkat. Kata kunci : hasil belajar IPS, pembelajaran Kooperatif tipe NHT, SDN Rejodani

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Mar 2013 02:17
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10210

Actions (login required)

View Item View Item