PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN PADA SISWA SD N NGARGORETNO 2 SALAMAN MAGELANG

Nginayah, Malikhatul (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN PADA SISWA SD N NGARGORETNO 2 SALAMAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Malikhatul Nginayah.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar IPS dengan materi koperasi dantehnologi produksi, komunikasi dan transportasi kelas IV SDN Ngargoretno 2 Salaman Magelang melalui metode peta pikiran. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa yaitu 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.Instrumen penelitian tes, lembar observasi, dan lembar wawancara. Untuk menentukan validitas instrument digunakan expert judgement. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan prestasi belajar IPS materi koperasi, tehnologi produksi, tehnologi komunikasi dan tehnologi transportasi 75% siswa mencapai KKM dan siswa aktif dalam pembelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya metode pembelajaran peta pikiran, prestasi belajar IPS kelas IV meningkat. Terbukti dengan nilai rata-rata pasca tindakan siklus I sebesar 69,27 dengan pencapaian KKM 66,67%, pasca tindakan siklus II sebesar 77,19 dengan pencapaian KKM 95,83%. Peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran ditunjukkan oleh kemampuan siswa dalam membuat catatan menggunakan peta pikiran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Mar 2013 08:27
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item