PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PRINGAMBA SIGALUH BANJARNEGARA

Kurniasih, Deni (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PRINGAMBA SIGALUH BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Deni Kurniasih.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn pada siswa kelas V SDN 1 Pringamba Banjarnegara melalui penerapan model group investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model kemmis & McTaggart dengan subjek siswa kelas V dan objek prestasi belajar PKn. Tempat dan waktu penelitian di kelas V selama 1 bulan, teknik pengumpulan datanya adalah tes dan observasi, sedangkan teknik analisis datanya yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan LKS, tes dan observasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas V. Dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah tindakan. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 57,33 meningkat pada siklus I menjadi 62,58 dan pada siklus II menjadi 72,33. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru sudah dapat menerapkan model group investigation sehingga pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Prestasi belajar PKn, model group investigation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9993

Actions (login required)

View Item View Item