UPAYA PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD N PETINGGEN

Utami, Yanuaristi Putri (2012) UPAYA PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD N PETINGGEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yanuaristi Putri Utami.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran melalui model Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD N Petinggen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran dan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan validitas instrumen menggunakan expert judgement. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran IPA siswa kelas IV di SD N Petinggen. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata kelas dari 6,85 pada siklus I meningkat menjadi 8,54 pada siklus II. Pada siklus I siswa yang mencapai batas minimal ketuntasan sebesar 45.16%, meningkat menjadi 87.10% pada siklus II. Kata kunci: Proses Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Feb 2013 03:30
Last Modified: 29 Jan 2019 18:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9977

Actions (login required)

View Item View Item